Sabtu, 10 September 2016

Unsur Unsur Sejarah

Sejarah memiliki unsur unsur yang dapat membentuk sejarah itu sendiri. Unsur yang terdapat dalam sejarah memiliki keterkaitan yang sangat erat sehingga antara unsur yang satu dengan yang lain tidak dapat dipisahkan. Bila salah satu unsur sejarah ini hilang, maka sejarah tidak akan bisa disebut sejarah.

Unsur yang terdapat dalam Sejarah itu ada 3, yaitu:  

1. MANUSIA

Unsur sejarah yang pertama dan utama adalah MANUSIA. Manusia dalam peristiwa sejarah memilik peran yang sangat penting karena di dalam sejarah, manusia berperan sebagai subjek dan objek. Bila tidak ada unsur manusia, maka sejarah tidak akan disebut sejarah karena manusia lah yang terlibat dalam peristiwa sejarah itu serta manusia juga yang menceritakan / menuliskan kembali peristiwa sejarah

Manusia berperan sebagai subjek yaitu manusia yang menceritakan atau menulis kembali peristiwa sejarah, sedangkan manusia sebagai objek yaitu manusia yang terlibat atau diceritakan dalam peristiwa sejarah.
Contoh:  Golongan tua berselisih dengan Golongan muda karena perbedaan pendapat.

Hasil gambar untuk manusia, 



2. RUANG
 Unsur sejarah berikutnya adalah RUANG. Ruang juga memiliki peran yang sangat penting karena dalam suatu peristiwa sejarah, pasti terdapat tempat / ruang terjadi nya sejarah. Tempat kejadian sejarah itulah yang dinamakan unsur ruang, karena dimanapun kita berada pasti dibatasi oleh suatu tempat / ruangan. 
Contoh: Presiden Soekarno membacakan teks proklamasi di Jl.Pegangsaan Timur No.56, Jakarta Pusat pada tanggal 17 Agustus 1945.

Nah, pada contoh peristiwa sejarah tersebut, jelas bahwa terdapat Unsur Ruang yaitu "di Jl.Pegangsaan Timur No.56, Jakarta Pusat"


Hasil gambar untuk Ruang dalam alam semesta 

3. WAKTU
Unsur sejarah yang terakhir adalah WAKTU. Waktu memiliki peran yang penting dalam unsur sejarah karena dengan waktu, kita dapat mengetahui kapan suatu peristiwa sejarah terjadi. Waktu erat kaitannya dengan aktifitas manusia, karena segala aktifitas yang dilakukan oleh manusia pasti dibatasi oleh waktu.
Contoh: Pada tanggal 6 Agustus dan 9 Agustus, Jepang di bom atom oleh pasukan sekutu.

Unsur waktu yang terdapat pada contoh sejarah diatas yaitu "Pada Tanggal 6 Agustus dan 9 Agustus".


 
Hasil gambar untuk waktu dalam sejarah




 Jadi, ketiga unsur sejarah diatas memiliki keterkaitan yang erat dan tidak dapat dipisahkan antara satu dengan yang lain. Ketiga unsur sejarah diatas juga memiliki peran yang sangat penting dalam sejarah. Jika salah satu unsur tersebut hilang, otomatis peristiwa tersebut tidak dapat dikatakan sebagai sejarah.

Contohnya: 

1. Jika tidak ada Unsur Manusia dalam sejarah, maka hal itu tidak mungkin disebut sebagai sejarah karena Manusia yang terlibat dalam sejarah dan manusia menceritakan serta menuliskan kembali peristiwa sejarah supaya dapat diketahui oleh orang banyak.

2. Jika tidak ada Unsur Ruang dalam sejarah, maka hal itu tidak mungkin disebut sebagai sejarah karena segala aktifitas manusia pasti selalu dibatasi oleh ruang / tempat terjadinya kejadian. Dalam sejarah, Unsur Ruang inilah yang merupakan tempat kejadian suatu peristiwa sejarah berlangsung.

3. Jika tidak ada unsur Waktu dalam sejarah, maka hal itu tidak mungkin disebut sebagai sejarah karena segala aktifitas manusia juga dibatasi oleh waktu, baik berupa Tahun, Bulan, Minggu, Hari, Jam, Menit, ataupun Detik. Waktu suasana juga terdapat dalam unsur waktu, seperti Pagi, Siang, Sore, dan Malam. Unsur Waktu dalam sejarah merupakan kapan suatu peristiwa sejarah berlangsung.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar